• diky wiryawan

DIBAYAR KONTAN (15) - HUSEIN DAN ZAINAL


Namanya mbah Husein. Katanya usia 70 tahunan. Asli Sumbawa. Anaknya 10. Tanahnya 15 petak. Sapinya 10. Yang jelas beliau saya "temukan" di depan makam Al Baqi. Saya harus mencari petugas haji Indonesia untuk tahu dimana hotel tempatnya tinggal karena mbah Husein tidak bisa mengingatnya.

Ternyata hotelnya agak jauh. Harus berjalan memutar ke arah yang berlawanan, ke arah barat laut dari Masjid Nabawi. Beberapa jamaah dari Jawa Timur yang saya temui di depan lift juga tidak mengetahui kamar mbah Husein. Baru saja saya pesankan mie instan ketika petugas haji di hotel tersebut mengenalinya.

Namanya mbah Zainal Djusi dari Medan. Tidak berani pulang sendiri. Jalannya juga pelan karena pinggangnya sakit. Sempat berhenti sebentar untuk duduk di emper toko. Mbah Zainal hampir menangis sepanjang jalan. Dia hanya tahu hotelnya ada di gate 16 paling ujung. Sama seperti mbah Husein, tangan saya tidak pernah dilepas ketika kami berjalan. Ketika sampai di depan lobby hotel, saya dipeluk erat sama mbah Zainal. Masih sesenggukan dia memaksa saya untuk menulis nama, alamat dan no hp saya di bukunya.

Saya tidak tahu nanti malam akan ada kejadian apa. Yang jelas, setelah Shubuh pagi tadi... di Roudhah, salah satu doa yang saya panjatkan adalah... “Ya Allah, berilah jalan pada saya untuk bisa lebih bermanfaat pada orang lain, yang amalan itu bisa jadi amal jariyah buat saya..."

#DIBAYARKONTAN #SEMUA #CERITA #HAJI #ISLAM

0 views

Recent Posts

See All

PEMUTUS RANTAI

Tidak pernah berdiri sendirian... Di rumah aja berarti membatasi sosialisasi, membatasi berdekatan dan bersentuhan, meregulasi ulang pola hidup sehat individu, menetapkan lagi tujuan hidup dan setelah

TUNDUK DAN TAKLUK

Dia akan pergi... Dia pasti akan pergi... Sebelum malam tiba... Entah kapan malam itu tiba... Dunia sedang belajar... Wabah yang mengagetkan Wabah yang mengingatkan Pemenang bukan mereka yang terhinda

diky wiryawan
hdr photographer, sketch & illustrator, event organizer
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Google+ Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Pinterest Icon
  • Grey Instagram Icon
yogyakarta, indonesia
+62 817 257 456
+62 811 257 456
diowahi @ rongewuwolulas