• diky wiryawan

DIBAYAR KONTAN* (58) - KIFARAT


"Alhamdulillah, lunas ya Allah... Jadikan aku haji mabrur, bersih dari dosa... " kataku dalam hati.. 

Satu hari sebelum berangkat ibadah wuquf, setelah tahajud dan shubuh berjamaah di Masjidil Haram, KBIH Bina Umat mengajak kami untuk saling bermaaf-maafan dan saling mendoakan, supaya tidak ada doa yang tertahan. Tidak ada ampunan yang tidak diberi Allah SWT di wuquf Arafah nanti. Karena inti haji adalah perenungan mendalam manusia di hadapan Allah secara langsung. Dimana setiap doa, setiap permohonan ampun, setiap dzikir dan ayat yang kami baca bisa dikabulkan oleh Allah SWT dan kembali dilahirkan seperti bayi, bersih dari dosa. Sambil mimbik-mimbik saya peluk ustadz Mustofa.

"Dampingi kami ya tadz..." begitu kataku...

9 Agustus 2019, saat tarwiyah di Mina, tidak sadar saya gigit kulit mati di kuku tangan kanan. Itu adalah larangan ihrom. Kalau gak ngaku gak ada yang tau juga sebenarnya. Tapi gak mungkinlah. Gimana mau jadi mabrur dan dihapuskan semua dosa kalau larangan ihrom dilanggar aja gak pake ngaku. Atas saran istri, saya menemui ustadz Mustofa. Ustadz menyarankan untuk membayar kifarat, denda ringan. Memberi makan fakir. Saya lega mendengarnya. 

"Siap tadz, segera akan saya laksanakan sesampai di Mekkah" kataku.

Begitulah, sekembali dari Mina, total saya beri uang makan kepada 6 orang fakir yang cacat tubuh di sepanjang perjalanan ke dan dari Masjidil Haram yang saya niatkan membayar kifarat dan tambahan 1 orang lagi yang saya niatkan sebagai sedekah untuk pak Sugeng dan Mas Risma. Sudah baca cerita tahalul awal kan? Alhamdulillah, lunaasssss. 


0 views

Recent Posts

See All

PEMUTUS RANTAI

Tidak pernah berdiri sendirian... Di rumah aja berarti membatasi sosialisasi, membatasi berdekatan dan bersentuhan, meregulasi ulang pola hidup sehat individu, menetapkan lagi tujuan hidup dan setelah

TUNDUK DAN TAKLUK

Dia akan pergi... Dia pasti akan pergi... Sebelum malam tiba... Entah kapan malam itu tiba... Dunia sedang belajar... Wabah yang mengagetkan Wabah yang mengingatkan Pemenang bukan mereka yang terhinda

diky wiryawan
hdr photographer, sketch & illustrator, event organizer
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Google+ Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Pinterest Icon
  • Grey Instagram Icon
yogyakarta, indonesia
+62 817 257 456
+62 811 257 456
diowahi @ rongewuwolulas