• diky wiryawan

DIBAYAR KONTAN (60) - TANGGA DEPAN TENDA DI MINA


Tidak semua KBIH memfasilitasi ibadah tarwiyah. Terlebih pihak Saudi Arabia dan Kemenag memang tidak memasukkan tarwiyah sebagai salah satu rangkaian dalam ibadah haji. Tarwiyah dilakukan oleh Nabi di hari 8 Dzulhijah dan melakukan sholat dhuhur, ashar, maghrib, isya dan shubuh sebelum berpindah ke Arafah untuk ibadah wuquf yang dimulai saat menjelang dhuhur di tanggal 9 Dzulhijah. KBIH Bina Umat melakukan ibadah tarwiyah di maktab 59 Mina. Sebenarnya area Mina ini sudah beberapa kali mengalami perluasan. Silahkan googling sendiri ya.

Ada yang dapat jatah lantai 2 dan 3. Tapi Alhamdulillah, KBIH Bina Umat dapat di lantai 1. Karena tidak hanya saat Tarwiyah, tetapi setelah wuquf Arafah dan mabit di Muzdalifah, tenda di maktab ini juga yang akan kami gunakan untuk lempar jumroh dan mabit. Jadi lagi-lagi saya merasa dimudahkan oleh Allah karena gak perlu otang-otong koper tenteng sampai lantai 2 apalagi lantai 3.

Mungkin anugrah ini harus saya bayar kontan juga. Akhirnya saat jamaah haji KBIH lain masuk ke maktab, saya membantu tidak kurang dari 7 buah koper jamaah sepuh dan 2 kursi roda kosong saya bantu naikkan ke lantai 2. Bahkan 1 kali saya membantu gotong kursi roda dengan jamaah sepuh tetap duduk di atasnya saya naikkan ke lantai 2. Demikian juga saat kembali ke Mekkah, 1 kali saya dapat kesempatan menggotong turun kursi roda dengan jamaah sepuh tetap duduk di atasnya. Mudah-mudahan bernilai ibadah. Amiiiiin.


0 views

Recent Posts

See All

PEMUTUS RANTAI

Tidak pernah berdiri sendirian... Di rumah aja berarti membatasi sosialisasi, membatasi berdekatan dan bersentuhan, meregulasi ulang pola hidup sehat individu, menetapkan lagi tujuan hidup dan setelah

TUNDUK DAN TAKLUK

Dia akan pergi... Dia pasti akan pergi... Sebelum malam tiba... Entah kapan malam itu tiba... Dunia sedang belajar... Wabah yang mengagetkan Wabah yang mengingatkan Pemenang bukan mereka yang terhinda

diky wiryawan
hdr photographer, sketch & illustrator, event organizer
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Google+ Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Pinterest Icon
  • Grey Instagram Icon
yogyakarta, indonesia
+62 817 257 456
+62 811 257 456
diowahi @ rongewuwolulas